
Telaah Pedagogik Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus ; Kajian Literatur Dalam Konteks Pendidikan Dasar
Penulis : Dr. Siti Masyithoh, S.Hi., M.Pd.
ISBN : Sedang Proses
Tebal : vii + 85 hal
Tinggi : 14,8 x 21 cm
Genre : Buku Referensi
SINOPSIS
Di tengah semangat kesetaraan dan keadilan, memastikan setiap anak mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas adalah panggilan penting. Ini termasuk anak berkebutuhan khusus, yang memiliki hak sama untuk belajar dan berkembang. Lalu, bagaimana kita merancang pendidikan dasar yang mampu merangkul setiap keunikan mereka?
Buku "Telaah Pedagogik Inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus Kajian Literatur Dalam Konteks Pendidikan Dasar" hadir sebagai panduan mendalam untuk menjawab pertanyaan tersebut. Buku ini mengajak para pendidik, peneliti, mahasiswa, dan siapa pun yang peduli pada pendidikan untuk menyelami berbagai konsep, prinsip, dan strategi pengajaran inklusif yang bersumber dari kajian literatur. Anda akan memahami karakteristik anak berkebutuhan khusus, pentingnya lingkungan belajar yang adaptif, peran sentral guru sebagai fasilitator, hingga bagaimana kurikulum dan penilaian dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan yang beragam.
Kami juga mengupas peran kolaborasi tim profesional, keterlibatan aktif orang tua dan komunitas, serta bagaimana teknologi adaptif dapat membuka akses pembelajaran bagi semua. Buku ini tidak hanya menawarkan teori, tetapi juga wawasan praktis untuk mengatasi hambatan dalam implementasi.
Disajikan dengan bahasa yang sederhana, jelas, dan mudah dipahami, buku ini dirancang sebagai referensi komprehensif. Tujuan utamanya adalah memberdayakan Anda dengan pemahaman mendalam agar dapat menjadi agen perubahan dalam mewujudkan pendidikan dasar yang benar-benar inklusif, tempat di mana setiap anak merasa dihargai, diterima, dan mampu mencapai potensi terbaiknya dalam suasana belajar yang mendukung.