-
-

Pola Asuh Orangtua, Kecerdasan Emosional, Dan Keterampilan Sosial Anak

Pola Asuh Orangtua, Kecerdasan Emosional, Dan Keterampilan Sosial Anak
Penulis : Dr. Siti Masyithoh, S.Hi., M.Pd.
ISBN : Sedang Proses
Tebal : viii + 197 hal
Tinggi : 14,8 x 21 cm
Genre : Buku Referensi

SINOPSIS
Dalam era modern ini, perhatian terhadap perkembangan anak tidak lagi hanya terfokus pada kecerdasan intelektual semata. Berbagai peristiwa sosial yang terjadi di masyarakat, seperti kasus perundungan (bullying) dan kekerasan di lingkungan sekolah, menunjukkan bahwa ada aspek penting lain dalam perkembangan anak yang perlu mendapatkan perhatian serius. Buku "POLA ASUH ORANGTUA, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK" ini hadir untuk mendalami dan membuktikan bagaimana pola asuh orang tua dan kecerdasan emosional dapat memengaruhi keterampilan sosial anak. Pembahasan akan mengupas perbedaan keterampilan sosial pada anak-anak yang diasuh dengan pola asuh yang berbeda, serta bagaimana tingkat kecerdasan emosional turut berperan dalam membentuk kemampuan sosial mereka.

Buku ini membahas secara komprehensif konsep dasar kecerdasan, hakikat emosi, serta definisi dan pentingnya kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional didefinisikan sebagai kemampuan memantau perasaan dan emosi diri sendiri maupun orang lain, memilah-milah semuanya, dan menggunakan informasi ini untuk membimbing pikiran dan tindakan. Ini adalah kemampuan komprehensif seseorang dalam mengenali emosi diri (kesadaran diri), mengelola emosi (manajemen diri), memotivasi diri sendiri (motivasi), mengenali emosi orang lain (kesadaran sosial/empati), dan membina hubungan dengan orang lain (keterampilan sosial).

Keterampilan sosial sendiri adalah seperangkat kemampuan yang memungkinkan seseorang untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain secara efektif, membangun dan mempertahankan hubungan, serta menghindari tanggapan yang tidak diterima secara sosial. Kemampuan ini sangat penting bagi keberhasilan anak di masa depan. Perkembangan keterampilan sosial sangat dipengaruhi oleh lingkungan, dengan kontribusi lingkungan mencapai sekitar 80% dan faktor bawaan sebesar 20%. Keluarga, sekolah, dan teman sebaya menjadi lingkungan pendukung utama dalam pembentukan keterampilan sosial anak.

Buku ini juga mengkaji secara mendalam berbagai jenis pola asuh orang tua: otoriter, demokratis, dan permisif. Pola asuh otoriter dicirikan oleh pendekatan yang keras, disiplin sangat tinggi, dan kecenderungan orang tua untuk bersikap sangat mengendalikan agar anak patuh, tertib, dan tidak membantah. Pola asuh demokratis menekankan pemberian kesempatan kepada anak untuk tumbuh dan berkembang secara wajar, namun tetap disertai pemantauan dan pengawasan yang cermat. Sementara itu, pola asuh permisif bersifat lunak, di mana anak dibiarkan dan diberi kebebasan penuh untuk tumbuh dan berkembang secara normal, atau setidaknya dengan sangat sedikit batasan eksternal.

Buku ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi orang tua untuk lebih memperhatikan pola interaksi atau pola asuh yang mendukung perkembangan keterampilan sosial anak, serta bagi pihak sekolah untuk merancang strategi pembelajaran yang berfokus pada pengembangan keterampilan sosial anak dan kecerdasan emosional.
ABOUT US
PT. Penerbit Filomedia Pustaka
Terdaftar pada Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KEMENKUMHAM) Republik Indonesia, Nomor: AHU-031015.AH.01.30.Tahun 2024
MEDIA SOSIAL
KONTAK KAMI
0895-4061-05129
filomediapublisher@gmail.com
Jl. KH. Ruhiat, Kel. Cipakat, Kec. Singaparna, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat. Indonesia.
-
Copyright ©- 2024 Penerbit Filomedia Pustaka - All Right Reserved