
Manajemen Strategi Dalam Bisnis Perhotelan
Tim Penulis:
1. Dr. Lina Anatan
2. Lena Ellitan, Ph.D
Genre: Buku Referensi
Tebal: xiii + 95 hal
Ukuran: 14,8 x 21 cm
Jilid: Softcover
SINOPSIS
Buku ini ditulis untuk mendiskusikan penerapan manajemen strategi dalam bisnis perhotelan secara lebih mendalam, khususnya dalam konteks circular economy dan keberlanjutan (sustainability). Studi dilakukan pada Sten Lodge Eco Stay, sebuah hotel berkonsep eco-friendly di Labuan Bajo yang menawarkan pengalaman unik kehidupan masyarakat Flores yang dikenal dengan "Flores Living" dan praktik ramah lingkungan yang menjadi salah satu keunikan yang ditawarkan oleh pihak hotel kepada pengunjung.
Studi ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan studi kasus deskriptif dan melibatkan observasi, wawancara, serta dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data penelitian. Teknik-teknik pengumpulan data ini digunakan untuk mengevaluasi implementasi strategi bisnis yang mencakup lima tahap utama: perumusan visi & misi, analisis lingkungan, formulasi strategi, implementasi, dan evaluasi. Dengan menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, and Threat) ditemukan bahwa kekuatan utama yang dimiliki oleh Sten Lodge Eco Homestay adalah: keunikan layanan berbasis budaya lokal, konsep ramah lingkungan yang kuat, dan lokasi yang dekat dengan destinasi wisata super-premium, yaitu Labuan Bajo. Akan tetapi hotel juga dihadapkan pada beberapa tantangan atau ancaman khususnya terkait dengan akses transportasi, keterbatasan fasilitas modern seperti listrik & internet, serta promosi yang masih terbatas. Berdasarkan hasil analisis Five Forces Porter dan analisis IFAS (Internal Factor Analysis Summary) dan EFAS (External Factor Analysis Summary) yang dilakukan, hotel ini menghadapi tingkat persaingan tinggi, tapi ancaman dari produk substitusi rendah berkat keunikan layanannya.
Beberapa strategi yang dapat diusulkan meliputi: penguatan digital branding, engembangan kemitraan lokal (komunitas & travel agent), dan penambahan fasilitas pendukung tanpa mengorbankan konsep eco-lifestyle. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan teori manajemen strategi khususnya dalam industri jasa dan menjadi panduan praktis bagi pelaku industri perhotelan yang ingin bertahan dan unggul dalam era ekonomi berkelanjutan.